Kamis, 15 Maret 2018

SPK TEKNIS MESIN COATING PAN SKALA LAB

Kali ini saya akan membuat artikel tentang spesifikasi mesin yang sering digunakan di industri farmasi dan food salah satunya adalah Coating Pan Skala Lab . Bagi anda yang sedang memerlukan atau mencari kebutuhan mesin tersebut bisa anda pelajari dan disesuaikan dengan spesifikasi yang diharapkan mulai dari kapasitas, material, aksesoris sampai dengan kualitas mesinnya. Jika mesin yang anda butuhkan sudah sesuai dengan keinginan bisa anda pesan pada pembuat mesin tersebut.
Berikut salah satu contoh spesifikasi mesin yang sering digunakan sebagai acuan dasar :

1. CONTOH UNIT 


2. FUNGSI MESIN
Mesin pelapisana atau coating Pan adalah sebuaah alat farmasi yang berfungsi untuk melapisi sebuah product berupa tablet atau caplet dengan proses spray (proses teknologi canggih) atau pun dengan cara manual. Kali ini saya akan mebagi sedikit pengalaman tentang mesin coating pan manual yang sampai saat ini pun masih ada yang menggunakannya di pabrik farmasi.

Banyak type dan model mesin coating, mulai dari yang super canggih sampai yang masih manual. Untuk di jadikan catatan bahwa tentang mesin ini yang perlu kita perhatika adalah sebagai berikut.
  1. Kecepatan coating pan atau yang disebut Bowel Coating.
    Parameter iniberfungsi untuk mengatur kecepatan chamber, semakin cepat perputaran chamber maka core tablet akan semakin cepat bersentuhan dengan larutan coating. Hal yang perlu diperhatukan adalah tingkat friability dari core tabletflow rate larutan coating dan suhu.
  2. Flow rate spray gan / larutan coating.
    Pastikan spray pattern dari larutan tidak ada overlap, ini penting untuk menghindari sebagian tablet yang lebih banyak terkena larutan coating sehingga bisa menyebabkan ketebalan coating tablet terlalubervariasi. Pastikan juga tekanan angin yang digunakan cukup atau paling tidak sesuai dengan spesifikasi dari alat spray gun-nya. kemudian jangan sampai ada tetesan larutan coating saat spray gun dimatikan. Jika kita menggunakan lebih dari satu spray gun pstikan flow rate dari kedua spray gun tidak lebih dari 5%. Perhatikan dan observasi juga metode pembersihan dari nozzle spray gun.
  3. Air Flow input-output.
    Dari udara input dan output merupakan parameter yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mesin-mesin yang sudah canggih tentunya sudah dilengkapi dengan perangkat untuk menyesuaikan yang dilakukan pada system pengaturan. Untuk penggunaan mesin yang belum moderen bisa kita ukur sendiri dengan alat yang sesuai. Prinsipnya haru ada negatif pressure di chamber coating. Udara yang keluar harus lebih besar CFM-nya dari udara yang masuk. Untuk perbandingannya bisa berbeda-beda, tergantung dari proses yang dibutuhkan. Mungkin acuan selisih 20-40% lebih besar outputnya bisa dipertimbangkan.
  4. Suhu inlet-outlet dan product.
    Parameter ini berfungsi untuk menetukan seberapa cepat larutan coating yang sudah menempel pada core tablet terkeringnya. Mesin yang sudah canggig pasti tentunya sudah dilengkapi dengan semua instrument danperangkat untuk melakukan setting dan adjust parameter ini. Mesin-mesin jaman dulu biasanya hanya dilengkapi onlet outlet saja tanpa ada product. Solusinya adalah menggunakan infrared thermometer yang sudah dikalibrasi untuk pengukurannya.
Perlu diketahui juga bagian bagian mesin coating pan 

3. SPESIFIKASI MESIN
1.  Unit Body dan Chamber :
·  Volume chamber kapasitas max. 2 kg
·  Material chamber plat SS 316 L # 2 mm
·  Frame menggunakan body  tekukan SS 304 # 1.2 mm
·  Kaki Pipa SS 304 Ø 1 ¼ ins
·  Roda PU 2” ( 4 bh Swivel + brake)
·  Power pie moger / gear motor 0.5 Kw ratio 1:30 + inverter
2.  Unit Inlet dan Outlet Hot Air
·  2 Bh Heater
·  2 Sensor Suhu type CA
·  2 Bh Ball Valve manual Ø 1 “ to setting air flow
·  2 Bh motor blower + fan
3.  Unit Pump peristaltic + Sprayer
·  1 Set Pump peristaltic Ex. BRT
·  1 Lot Selang silicone bening
·  1 bh Nozzle spray gun
·  1 Set Stand head dudukan spray
4.  Unit Mixer Homogen
·  Chamber tanki volume 30 liter
·  Power electro motor 0.5 HP + inverter
·  Ball valve manual 316 L Ø 0.5 “
5.  1 set Panel Control
6.  Semua Material contact product SS 316L dan non contact product menggunakan SS 304
Finishing  Inside Mirror polish dan Outside Hairline polish

4. HARGA MESIN
Untuk harga mesin pastinya akan berpariatif karena sepsifikasi yang diinginkan selalu berbeda dengan kebutuhan setiap pelanggan. Jika anda memerlukan penawaran harga khusus bisa anda hubungi kontak kami di alamat email ini.
adm.mekanikaprima@gmail.com atau download penawaran disini
  
Sperti itulah contoh spesifikasi secara umum yang dijadikan sebagai acuan dasar. Spesifikasi  kebutuhan diluar itu bisa anda tambahkan atau bisa anda sesuaikan kembali spek mesin yang diinginkan. Sekian dulu postingan dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan atau hal lain yang ingin disampaikan mengenai mesin tersebut atau mesin yang lainnya silahkan saja untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Atau untuk konsultasi dan pemesanan bisa anda hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.