Sabtu, 30 Desember 2017

SPEK MESIN COATING FILM KAPASITAS 60 kg

Kali ini saya akan membuat artikel tentang spesifikasi mesin yang sering digunakan di industri farmasi dan food salah satunya adalah mesin Coating Film Kapasitas 60 kg. Bagi anda yang sedang memerlukan atau mencari kebutuhan mesin tersebut bisa anda pelajari dan disesuaikan dengan spesifikasi yang diharapkan mulai dari kapasitas, material, aksesoris sampai dengan kualitas mesinnya. Jika mesin yang anda butuhkan sudah sesuai dengan keinginan bisa anda pesan pada pembuat mesin tersebut.
Berikut salah satu contoh spesifikasi mesin yang sering digunakan sebagai acuan dasar :

1. CONTOH UNIT MESIN



2. FUNGSI MESIN 
Mesin Indocota Coating Film diciptakan dengan menggunakan teknologi mutahir cara pelapisan dengan menggunakan spray gun. Hasilnya melalui satu tahap proses dimana merupakan gabungan/ kombinasi dari proses pencampuran liquid, di pompa melalui spray gun dengan suhu dan kondisi tertentu.

Secara singkat proses Mesin Indocota Coating Film kapasitas 60 kg dapat dijelaskan sebagai berikut : Volume udara yang dibutuhkan umumnya diambil dari area kerja, kemudian dilewatkan melalui saringan awal (Pre Filter), medium filter, hepa filter  dan terakhir Exchanger (sumber pemanas). Sebelum masuk chamber product, tablet/ caplet yang akan dilapis/ coating ditimbang/ dicek sesuai  kebutuhan dan baru masuk ke chamber product.

Udara bersih dilewatkan melalui ducting ke bagian atas, dengan demikian akan terjadi aglomerasi dengan adanya zat pengikat yang digunakan untuk pelapisan/ coating.
Bagian-bagian penting yang termasuk tambahan :
1. Control Temperature automatic untuk monitoring temperature
2. Pengaturan volume udara dikontrol dengan damper
3. Control liquid dengan peristaltic pump untuk proses penyemprotan
Untuk proses penyemprotan digunakan dua buah spray gun yang dipasang tepat ditengah-tengah Chamber pengering. Spray gun bisa di atur kearah vertical dan horizontal yang ditransfer melalui sebuah selang silicone dengan tekanan dari pompa peristaltic yang dapat diatur kapasitasnya dengan mengatur kecepatan putaran.

Bahan yang dilapis, yang mungkin terdiri dari satu atau lebih material  yang dimasukan kedalam tanki homogen mixer. Kemudaian temperature udara yang masuk diatur antara 50-70oC agar selama waktu penyemprotan produk proses pengeringan menjadi singkat, terkecuali bila penyemprotan dilakukan dengan menggunakan pelarut organic, maka temperature diatur serendah mungkin.

3. SPESIFIKASI MESIN

Spesifikasi :

a. Konstruksi Body : Stainless steel  304 
b. Chamber (container product SS 304) # 3 mm lubang Ø 3 mm
c. Variable speed Motor 3 Kw , Gear Box type 120 
d. Konstruksi pemanas & blower Stainless steel 304 # 1,5 mm + rangka + Electro motor
  2 Hp,1400 rpm
e. Unit Ducting SS 304 # 1,5 mm,ukuran disesuaikan 
f. Rangkaian Pemanas Exchanger + Hepa filter + Pre filter
g. Rangkaian Pemipaan Ø 3/4” 
h. Rangkaian Pipa Steam bahan : Mild steel schedule u/ pipa kapasitas uap dengan tekanan + 5 kg sbb:
 - Solenoid valve
 - Strainer
 - Reducing valve
 - Pressure gauge      
 - Safety valve
 - Steam strap
 - Ball valve

i. Rangkaian Pompa Peristaltic Body SS 304 # 1,5 mm
 - Electro motor ½ Hp , 2 supply
 - Spray dryer jenis Iwata Japan 2 unit
 - Selang silicone Ø ½ “
 - Variable speed


j. Unit tangki homogen 
 - Volume Tanki 100 Liter
 - Material tanki SS316L
 - Power mixer 0.35 kW 220/380V 50Hz
 - Roda PU dia 3 "
 - Variable Speed
 - Ball Valve 

k. Unit blower
 - Electromotor 2 Hp, 1400 rpm system centrifugal cap. 3500 cfm
 - Material ducting SS304
 - Connection system joint flang bahan SS304

l. Panel control unit sbb :
 - Lampu Indicator
 - Push button on/off
 - Power Switch
 - PLC 
 - Timer
 - Thermo control
 - Thermo indicator
 - Contactor
 - Inverter variable speed

m. Unit Air Heating
 - 1 unit Blower ½ Hp 220 Volt  50 Hz 
 - 1 set Element Heater 2000 Watt 220 Volt
 - 1 set Cerobong belalai Ø 3” (system knock down)
 - 1 set Panel control
 - 1 set Spray gun merk Iwata Japan ukuran lubang nozzle 1mm
 - 1 unit Pompa Peristaltic ½ Hp ex-BRT 

4. HARGA MESIN
Untuk harga mesin pastinya akan berpariatif karena sepsifikasi yang diinginkan selalu berbeda dengan kebutuhan setiap pelanggan. Jika anda memerlukan penawaran harga khusus bisa anda hubungi workshop yang sudah memiliki pengalaman cukup banyak tentang mesin tersebut. Salah satu workshop yang dapat dijadikan referensi untuk membuat mesin dan peralatan farmasi dan food bisa anda jalan jalan ke daerah bandung timur. Disana ada workshop cukup besar yang memiliki peralatan lengkap dalam pembuatan atau perancangan mesin. Alamat detilnya klik disini atau link 1.000.000 eart
  
Sperti itulah contoh spesifikasi secara umum yang dijadikan sebagai acuan dasar. Spesifikasi  kebutuhan diluar itu bisa anda tambahkan atau bisa anda sesuaikan kembali spek mesin yang diinginkan. Sekian dulu postingan dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan atau hal lain yang ingin disampaikan mengenai mesin tersebut atau mesin yang lainnya silahkan saja untuk berkomentar pada kolom komentar yang sudah disediakan. Atau untuk konsultasi dan pemesanan bisa anda hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.